Tips Memilih Jasa Ekspedisi Kota Balikpapan Paling Aman

Salah satu cara dalam melakukan pemilihan jasa ekspedisi wajib memperhatikan berbagai faktor dengan tujuan agar barang yang hendak dikirimkan dapat terjaga keamanannya. Saat ini sudah tersedia asuransi pengiriman barang, namun tidak semua jasa ekspedisi akan memberikan asuransi tersebut. Salah satunya seperti saat Anda hendak melakukan pengiriman barang ke kota Balikpapan.

Tips Memilih Jasa Ekspedisi yang Aman

Keamanan dalam melakukan pemilihan jasa ekspedisi menjadi tugas utama yang perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini sangat menyangkut kepuasan para konsumen. Jika barang yang dikirim tidak sampai ke tangan konsumen, tentunya hal ini akan menimbulkan kesalahpahaman antara penjual dan pembeli.

Berikut ini cara dalam melakukan pemilihan jasa ekspedisi Surabaya Balikpapan yang aman, yaitu:

  1. Jasa ekspedisi yang memberikan harga murah namun wajar

Pemberian harga yang murah tentunya menjadikan daya tarik tersendiri bagi seseorang, karena hal ini sering kali dilakukan oleh pihak perusahaan ekspedisi supaya bisa bersaing harga di antara para kompetitornya. Meskipun hal ini dianggap wajar, namun Anda disarankan supaya tidak terlalu mengharapkan harga murah yang tidak wajar.

Jasa ekspedisi di kota Balikpapan yang profesional tentunya akan memberikan harga yang wajar dan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan. Pemberian harga yang murah justru akan menimbulkan pertanyaan apakah jasa ekspedisi tersebut sebagai penipu ataupun tidak.

  1. Perhatikan kecepatan

Anda harus memperhatikan dari segi kecepatan dalam menangani permintaan para customer. Pastikan bahwa jasa ekspedisi tersebut benar-benar sigap dan cekatan dalam memenuhi segala permintaan konsumennya. Tidak hanya cepat saja, akan tetapi pelayanan yang diberikan juga terbaik. Meskipun jasa ekspedisi Surabaya Balikpapan tersebut sudah memiliki banyak pengiriman, namun setidaknya hal ini tidak mempengaruhi pelayanan yang diberikannya.

  1. Memberikan nomor resi

Kehadiran nomor resi sangat berpengaruh terhadap kepuasan para konsumen, karena nomor resi tersebut digunakan supaya konsumen bisa melakukan pelacakan pada proses pengiriman. Supaya lebih memudahkan diri Anda, pilihlah jasa ekspedisi yang memiliki fitur berupa nomor resi yang bisa dilacak secara online atau real time. Nomor resi tidak hanya digunakan untuk melakukan pengecekan pengiriman saja. Akan tetapi hal ini juga membuktikan bahwa jasa ekspedisi tersebut tidak melakukan tindakan penipuan.

  1. Menggunakan rekening bersama

Supaya keamanan lebih terjamin, maka Anda harus mencari jasa ekspedisi yang menggunakan rekening bersama. Kebanyakan dari jasa ekspedisi terbaik yang ada di Indonesia akan meminta DP atau uang muka sebesar 50% sebagai peringatan biaya pick up. Sebab itu supaya terhindar dari yang namanya penipuan pada perusahaan ekspedisi, silahkan menggunakan rekening bersama.

  1. Harus memahami syarat dan ketentuan yang digunakan

Setiap perusahaan ekspedisi tentunya akan memiliki syarat dan ketentuan yang tidak sama dan pihak konsumen harus mengikuti peraturan tersebut. Supaya tidak merugikan diri sendiri dan tidak melanggar kode etik, maka Anda harus memahami ketentuan dan syarat tersebut sebelum memutuskan menggunakan jasa ekspedisi tersebut.

  1. Memperhatikan tipe muatan

Memperhatikan tipe muatan ini sangat penting, terlebih lagi ketika ingin melakukan pengiriman barang ke antar pulau, ke antar kota, karena memang kita tidak akan mendapatkan kontrol secara penuh dalam mengawasi pengiriman barang. Sebab itu sebelum melakukan pengiriman barang terlebih dahulu apakah barang Anda membutuhkan packing jasa bongkar muat asuransi ataupun yang lainnya.

  1. Pada barang besar silahkan menggunakan packing

Pengiriman barang besar kebanyakan konsumen tidak akan menangani sendiri menanganinya sendiri, karena akan membutuhkan jasa packing dari jasa ekspedisi berbeda dengan barang muatan berukuran kecil yang bisa dipegang sendiri dari rumah. Apabila Anda membutuhkannya maka silahkan gunakan jasa packing barang yang memberikan harga murah. Namun memiliki kualitas yang bagus dan pastikan bahwa barang besar yang hendak dikirim tidak mengalami kerusakan sampai pada tangan penerimanya.

  1. Gunakan asuransi

Penggunaan asuransi pengiriman barang perlu dilakukan apabila barang yang hendak Anda kirim tersebut memiliki nilai yang mahal. Tidak semua jasa ekspedisi akan memberikan pelayanan berupa asuransi. Sebab itu pilihlah jenis asuransi yang benar-benar memberikan asuransi pengiriman barang. Dengan adanya asuransi ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan barang yang akan dikirim mengalami kerusakan atau kehilangan.

Apa Saja Pelayanan yang Ada di Jasa Ekspedisi?

Ternyata jasa ekspedisi tidak hanya memberikan pelayanan berupa pengiriman barang saja. Akan tetapi ada beberapa jenis pelayanan yang tersedia di dalamnya. Beberapa pelayanan tersebut memiliki kegunaan supaya memudahkan para konsumen ketika hendak melakukan pengiriman barang maupun yang lainnya. Berikut ini pelayanan yang ada di jasa ekspedisi:

  • Ekspedisi untuk pengiriman motor dan mobil.
  • Ekspedisi muatan truk.
  • Ekspedisi pemindahan kantor, gudang, rumah, gedung, maupun apartemen.
  • Ekspedisi, kargo, kontainer, truk, trailer, dan Fuso.
  • Ekspedisi darat, udara, dan laut.
  • Ekspedisi ekspor dan impor barang.
  • Ekspedisi antar kota, antar pulau, ke luar negeri dan antar provinsi.

Menggunakan jasa ekspedisi memang memberikan banyak keuntungan. Akan tetapi hal ini pun juga memiliki risiko yang lebih besar, karena adanya kerusakan barang, bahkan hingga pencurian. Sebab itulah selalu disarankan supaya benar-benar memilih jasa ekspedisi yang mempunyai tanggung jawab besar kepada para konsumennya.

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *