Manfaat Berenang Yang Mungkin Jarang Diketahui

Berenang merupakan olahraga yang cukup unik. Anda melakukan semua kegiatan olahraga di dalam air sehingga tentu saja olahraga ini jadi lebih mengasyikkan. Apalagi setelah kita tau bahwa berenang ternyata bukan olahraga biasa dimana berenang dapat memberikan manfaat lebih bagi tubuh manusia. Nah apa saja manfaat dari berenang? Berikut ulasannya.

1. Menenangkan Pikiran serta Mampu Mengurangi Stres

Berenang merupakan olahraga yang bisa mengurangi tingkat stres pada diri kalian. Dengan bermain air tubuh akan melepaskan hormon bahagia dan tentu saja akan meningkatkan good mood kamu. Anda juga perlu tahu bahwa daya apung alami yang dimiliki air lebih rileks dibandingkan jenis olahraga lainnya. Selain itu, berenang juga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan kenapa berenang dapat dikatakan sebagai olahraga yang mampu mengatasi depresi dan stres.

2. Bermanfaat untuk Melatih Seluruh Otot Tubuh

Dengan melakukan gerakan renang. Seluruh tubuh akan bergerak. Otot otot yang ada di dalam tubuh jadi terlatih untuk bekerja. Sehingga otot otot tersebut jadi terbentuk dan jauh lebih kuat. Apabila kamu ingin membentuk tubuh kamu, kamu bisa melakukan olahraga renang. Dengan berenang secara rutin bisa meningkatkan massa otot dan membuatnya tetap sehat.

3. Bermanfaat Sebagai Olahraga Tepat Bagi Seseorang yang Malas Berkeringat

Terkadang, orang malas berolahraga karena mereka malas untuk mengeluarkan keringat yang membuat risih di badan. Apabila anda termasuk ke dalam tipe demikian maka renang bisa menjadi solusi olahraga bagi anda. Renang merupakan olahraga air yang membuat tubuh Anda jadi lebih segar. Bahkan keringat seperti akan terbawa oleh arus air. Jadi kini Anda bisa berolahraga tanpa panas panasan .

4. Bermanfaat untuk Menjauhkan Risiko Penyakit Jantung dan Paru-Paru pada Seseorang

Berenang ternyata juga sangat bermanfaat bagi sistem kordiovaskuler kamu. Anda tidak perlu lagi memikirkan metode untuk melakukan kesehatan jantung. Cukup dengan rutin berenang maka dampak yang dihasilkan cukuplah baik untuk meminimalisir resiko penyakit jantung serta paru paru. Hal ini karena gerakan dari seluruh tubuh saat berenang mampu membuat jantung dan paru paru lebih sehat. Semakin anda melakukan gerakan renang secara teratur dan berkesinambungan maka anda bisa menangkal resiko terhadap penyakit jantung maupun paru paru.

5. Bermanfaat untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah Seseorang

Tidak hanya bermanfaat bagi jantung dan paru paru. Ternyata berenang secara rutin mampu mengendalikan kadar gula darah. Olahraga ini sangat disarankan bagi anda yang ingin mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena berenang merupakan olahraga yang mampu membakar kalori tanpa khawatir akan mengeluarkan keringat berlebihan. Berenang secara rutin bahkan jauh lebih baik daripada lari ataupun olahraga lainnya. Maka dari itu dengan anda semakin sering berenang maka resiko terkena diabetes dapat diminimalisasi.

6. Bermanfaat Menjaga Kadar Kolesterol Pada Tubuh Seseorang

Selain mampu menjaga kadar gula darah, berenang diklaim mampu menjaga tubuh Anda dari kolesterol. Hal ini tentu saja sangat luar biasa. Mengingat kolesterol bisa mengakibatkan berbagai penyakit lainnya. Berenang secara rutin dan teratur mampu membakar kolesterol dengan cepat dan mudah hal ini mampu membuat tumpukan kolesterol pada tubuh menjadi terbakar.

7. Bermanfaat untuk Penderita Arthritis atau Nyeri Sendi

Bagi seorang yang mengidap penyakit nyeri sendi pasti kebingungan dalam memilih olahraga yang cocok untuk tubuh mereka. Pasalnya, beberapa olahraga justru membuat tubuhnya jadi lebih sakit saat melakukan pergerakan. Beberapa olahraga darat bahkan sangat membuat sendinya jadi lebih sakit. Nah, jika anda kebingungan memilih olahraga yang cocok untuk para pengidap penyakit radang sendi, berenang sepertinya bisa menjadi solusi untuk anda. Dengan berenang tidak akan membuat sendi menjadi nyeri. Bahkan jika anda melakukannya secara teratur mampu menyehatkan kekuatan sendi.karena seluruh tubuh bergerak saat melakukan olahraga ini.

8. Bermanfaat untuk Menurunkan Berat Badan secara Normal

Bagi anda yang mendambakan berat badan normal, sepertinya olahraga renang bisa anda pilih agar badan Anda jadi lebih sehat. Olahraga renang mampu membakar kalori dengan jumlah besar, selain itu kalori yang dibakar dalam olahraga ini tidak membuat badan kita jadi lelah atau panas. Namun tetap memberikan kesegaran pada tubuh.

Semakin sering dan teratur anda melakukan olahraga renang, maka keinginan anda untuk menurunkan berat badan jadi semakin terwujud. Mengingat banyak orang yang mencoba berbagai metode olahraga demi mencapai tubuh yang dia inginkan. Anda bisa melakukan kegiatan renang setidaknya empat hingga enam hari dalam waktu satu minggu. Dimana rentang melakukan kegiatan tersebut yaitu setengah hingga satu jam. Anda harus melakukan kegiatan renang tersebut dengan sungguh sungguh agar semakin banyak kalori yang terbakar. Untuk menghindari kram anda bisa melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan renang. Seperti menggerakan kaki di kolam saat anda duduk di pinggiran kolam. Kolam yang baik selalu dilengkapi dengan fasilitas yang membuat kegiatan renang jadi lebih asyik. Untuk itu kontraktor kolam renang harus pintar pintar mendesain kolam.

 

Published by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *